FAQ’s : IMPLAN GIGI (Prosedur & Efek Samping Implan Gigi)

Banyak yang bertanya apa itu implan gigi, apakah aman dan adakah resiko atau efek sampingnya, dan bagaimana prosedur implan gigi. Berikut kami bahas hal yang sering menjadi pertanyaan mengenai implan gigi.

Apakah itu implan gigi ?

Implant gigi merupakan gigi palsu permanen yang ditanam dalam gusi dan berdiri sendiri. Implant terdiri dari 2 bagian, part 1 implant, yang ditanam dalam gusi dan berfungsi sebagai akar buatan dan part 2 crown+abutment, yang membentuk struktur mahkota giginya. Implan gigi terbuat dari bahan metal titanium yang bersifat ringan, kuat, dan bisa diterima oleh tubuh.

Harga-Biaya-Implant Gigi

 

Apakah kelebihan implan gigi dibandingkan dengan gigi tiruan yang lain?

  • Sesudah gigi dicabut, tulang gusi yang menyokong gigi tersebut juga akan hilang. Implan gigi bisa membantu mencegah hilangnya tulang tersebut dan menjaga bentuk dan kepadatan tulang rahang. Ini tidak bisa didapatkan dari jenis gigi palsu lain.
  • Pemasangan implan gigi tidak memerlukan pengikiran gigi lainnya yang masih sehat.
  • Implan gigi terasa nyaman digunakan karena berfungsi seperti gigi asli dan tidak perlu dilepas-pasang
  • Tahan lama

 

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menggantikan gigi menggunakan implan gigi ?

Setiap kasus berbeda. Setelah konsultasi, dokter akan menjelaskan mengenai rencana tindakan implan dan waktu yang diperlukan sesuai kondisimu. Biasanya butuh minimal 5 kali kunjungan dari awal sampai dengan selesai. Bila kasusnya simple, implan bisa selesai dalam 3 bulan. Sedangkan bila kasusnya kompleks, dibutuhkan waktu yang lebih lama. Prosedur pemasangan implannya sendiri biasanya memerlukan waktu singkat sekitar 1 jam saja.

 

Akankah pasien memiliki gigi di antara kunjungan sampai prosedur selesai ?

Gigi palsu sementara bisa dipasang selama menunggu prosedur implan gigi selesai. Ini terutama bila gigi yang ompong adalah gigi depan agar kamu tidak terganggu penampilannya.

Klinik-Dental-Implant-di-Jakarta

 

Apakah ada resiko/ efek samping menggunakan implan gigi ?

Implan gigi telah digunakan lebih dari 20 tahun di dunia kedokteran dan terbukti aman. Implan gigi memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan komplikasi jarang ditemukan. Namun biasanya komplikasi ditemukan bila kamu perokok berat, atau memiliki riyawat penyakit umum lain atau tidak bisa menjaga kebersihan mulut dengan baik. Konsultasikan keadaan kamu dengan dokter untuk lebih jelasnya.

 

Apakah prosedur pemasangan implan menyakitkan ?

Prosedur pemasangan implan gigi menggunakan anestesi sehingga pasien tidak merasakan apa-apa saat prosedur berlangsung. Setelah selesai, pasien akan diberikan obat-obatan analgesik untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya akan ada rasa tidak nyaman di minggu pertama, namun biasanya pasien bisa langsung beraktivitas seperti biasa.

 

Bagaimana cara membersihkan implan gigi ?

Implan gigi memerlukan perawatan yang sama dengan gigi asli, jadi perawatannya yaitu dengan menyikat gigi, penggunaan dental floss (benang gigi), obat kumur dan pemeriksaan berkala ke dokter gigi.

 

Klinik-Implan-Gigi-di-Jakarta-2

Berikut adalah contoh pemasangan implan gigi oleh klinik Audy Dental di Jakarta.

Untuk info lebih lanjut mengenai prosedur implan gigi dan biayanya bisa klik disini

 

Untuk mengetahui rekomendasi klinik dokter gigi spesialis yang ahli menangangi implan gigi bisa klik www.audydental.com

 

Semoga info ini bermanfaat ya…

About 

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *